BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Suka Main HP? Waspadai Neuropati!

77 Komentar

Pertanyaan nih buat semua pembaca blog ini, jawab dengan jujur ya: Dalam sehari berapa jam yang kamu habiskan untuk memegang dan menggunakan gadget (ponsel, tablet, laptop, komputer dan console games)?

Kita ambil contoh kegiatan mengoperasikan ponsel saja deh, karena barang yang satu ini paling susah lepas dari tangan manusia masa kini. Berapa lama dalam sehari kita ‘main hape’? Mungkin setengah jam di pagi hari, lalu bekerja sekian jam di depan komputer, lalu pada saat jam makan siang, lalu di sore dan malam hari. Eh ternyata berjam-jam ya?

Sadar nggak kalau kebiasaan dan kegiatan kita sehari-hari dalam bentuk aktivitas berulang seperti memakai duduk lama, high heels, bermain gadget, mengoperasikan komputer, dan mengendarai motor itu bisa menyebabkan neuropati?

Hah? Apa pula itu neuropati?

Pertanyaan lagi nih. Sehabis berjam-jam ‘main hape’ atau mengetik dengan komputer, apakah tanganmu sering terasa kebas dan pegal? Atau sering terasa kesemutan di kaki sehabis duduk lama? Kalau jawabanmu iya, perlu mulai mewaspadai gejala neuropati. Tuh lihat di foto, apa saja gejala neuropati dan gaya hidup yang bisa menjadi pemicunya.

neuropati

Foto kiri bawah itu saya lagi diperiksa di Neuropathy Check Points Neurobion.

Neuropati adalah kondisi gangguan dan kerusakan saraf tepi yang dapat disebabkan oleh trauma pada saraf, efek samping dari suatu penyakit sistemik, atau karena kekurangan vitamin B1, B6 dan B12. Terus gejalanya apa aja? Biar bisa diantisipasi gitu lho… Selain yang tertulis di foto sebelumnya, gejala lainnya bisa sampai berupa kehilangan kontrol kandung kencing, rambut rontok di area tertentu, sampai kelemahan anggota gerak bahkan penyusutan otot. Ngeri ya? Buat saya sih iya. Saya pengin sehat terus sampai tua, biar bisa jalan-jalan terus. Kamu mau juga kan?

Terus gimana dong caranya agar terhindar dari neuropati?

Menurut dr Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) kita bisa mencegahnya dari luar dan dari dalam. Maksudnya, dari luar dengan teratur berolah raga terutama gerakan-gerakan senam yang baik untuk melatih saraf serta istirahat/tidur yang cukup dan berkualitas. Kalau dari dalam, cukupi asupan vitamin neurotropik (B1, B6 dan B12) sesuai kebutuhan tubuh.

neuropati1

Tuh, Adam Levine aja olah raga teratur! Udah liat pose-pose yoganya? Canggih! Hampir bisa terbang! Beberapa bulan ini saya lagi latihan panahan, ternyata olah raga ini juga sangat bermanfaat melatih kekuatan dan kelenturan otot serta konsentrasi. Jadi silakan pilih jenis-jenis olah raga yang sesuai minat dan lakukan secara teratur. Biar makin oke, lengkapi dengan senam neuromove di rumah.

Kamis lalu saya dan beberapa teman diundang ke sebuah workshop dengan tema “Latih Sarafmu, Cegah Neuropati!” bersama Neurobion. Di acara ini dr Ade Tobing, SpKO mengajari kita semua gerakan-gerakan Neuromove senam yang bagus untuk melatih kesehatan saraf. Gerakan-gerakannya sederhana, menyenangkan dan mudah ditiru kok, ciyus! Semoga senam #neuromove ini akan segera tampil di websitenya Neurobion biar bisa jadi panduan buat latihan di rumah.

Gerakan-gerakan Neuromove ini penting karena:

  • Meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot
  • Meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh
  • Meningkatkan fungsi kerja otak kanan dan kiri sehingga kemampuan konsentrasi lebih baik
  • Menjaga dan meningkatkan fungsi saraf tepi sehingga terhindar dari neuropati.

Cukup selama 10-15 menit aja setiap hari untuk melakukan gerakan Neuromove ini, agar sarafmu lebih sehat, plus asupan vitamin B1, B6 dan B12 yang juga harus teratur. Mau dong meluangkan waktu biar lebih sehat?

Satu hal yang cukup bikin was-was adalah kalau dulu neuropati ini terkenal sebagai penyakitnya orang tua. Tapi seiring dengan perubahan gaya hidup yang saya tulis di atas, sekarang semakin banyak anak muda yang berisiko kena neuropati. Hasil survey di Neuropathy Check Points Neurobion kepada 4.656 pasien di 8 kota di Indonesia, ditemukan kalau:

1 dari 2 orang (50%) berisiko kena neuropati, dan 45% pasien berusia 20-30 tahun berisiko terkena neuropati.

Jadi, udahan ah baca blog ini! Lebih baik segera bangun dan lakukan gerakan neuromove! Eh, tapi jangan lupa tinggalin komentar dulu di sini… hihihihi…

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

77 thoughts on “Suka Main HP? Waspadai Neuropati!

  1. Wah..aku tiap hari pegang gadget selama 18jam/hari… :'(,harus benar benar di rubah nih.thanks atas infonya!

  2. Neuropati serupa dengan tremor gak sih mba. Aku terkadang mengalami hal demikian. Hemm olahraga tapi instrukturnya bang adam, aku mau banget. Nice info mba

  3. Saya hanya fokus di gambar yang paling atas hehehe
    mbag”nya yang manah cakep mua 😀

  4. Neuromove itu yg kayak gimana? :/

  5. Aku baru tahu nih nama penyakitnya.. Selama ini cuman tahunya setiap ngelakuin aktivitas yg memakan waktu lama dgn posisi yg stagnan kita emang perlu ngelakuin stretching supaya gak kram gt.. Ada juga yg mengharuskan kita untuk melihat daun atau benda berwarna hijau bila kita terlalu lama di depan PC/laptop. Nice artcle kak 🙂

    • Benar!! Makanya di kantor suka ada tanaman dalam pot salah satu gunanya ya utk ini. Disarankan tiap 2 jam sekali break lihat laptop. Bakal inget gak klo udah mulai kerja?

      • Ingat sih kak, cuman buat nerapinnya masih belum konsisten hahha. Padahal utk mahasiswa tingkat akhir kek aku yg sering bergelut di depan monitor buat nyekripsi (baca: skripsi 40%, 60% browsing2 gak jelas :p) jelas bahaya kalau aku gak pernah stretching atau ngelihat benda hijau2 gt hahaha.. Semoga setelah baca artikel kk aku mulai semakin sadar buat ngelakuin itu deh.. 😀

  6. panahan posenya cakep ya …

  7. wah setiap weekend pasti di sempatkan olah raga muter-muter UI sampe keringetan hahaha

  8. aku sekarang lagi mengusahakan buat nggak terlalu ketergantungan sama hape mbak, makan dijaga dan tetep olahraga, walaupun olahraganya cuma berdiri di commuterline. 😀 tapi lumayan sih, kesemutannya yang dulu sering banget, sekarang udah jarang banget. hehe

    • Wah, nice start! Sering stretching kalau kerja di laptop/komputer? Kata dokter di seminar itu, tiap 2 jam mesti stretching bahu dan tangan gitu. Yuk?

  9. Duh, ngacung aku, harus lebih memperhatikan keseharan nih 😦

  10. Aduh! Ternyata bahaya juga ya mbak *Langsung emangat 45 buat rajin olahraga*

    Kmrn aku sempet ngalami trigger thumb, jempol kaku gara2 keseringan pegang gejet, dan itu ga enak banget 😦
    Sekarang mulai dibiasain senam jari.

  11. Sejak udah g kerja full dilapangan. Jd lebih sering duduk depan cpu dan makan doang 😦 hampir seharian lagi

  12. wahh, yang ditunggu tutorial senam neuromovenya ini mbak. semoga cepat keluar. Thankyou udah sharing, top banget ini buat yang masih muda” kek saya. hahahaha.

  13. Harus cepet-cepet olahraga nih sepertinya. Tapi malesnya itu loh yang gak ketulungan.. ._.

  14. telapak tangan gw nich suka gatel dan kesemutan, gw mikir nya mau dapat rejeki haha. Tapi kayak nya mesti mulai olah raga 🙂

  15. haduuuh saya banget tuuuh… seharian duduk mantengin komputer, berasa sekarang emang sering gampang kesemutan dan kaki kram… abis komen, stretching dulu yaaaak…. 🙂

  16. Hwadoh~ kerjaanku tiap hari mainin hape kak 😦 gimana dong?

  17. Gawat! harus imbangin sama olahraga juga deh ini 😀

  18. Waah sy jualan online..tiap hr depan komputer posting sono sini.. tiap saat juga pegang hape. Jadi ngeriii mana jarang olah raga >•<

  19. gw juga mau dong dipanah cintanya mas adam levine *loh*
    15 menit setiap hari ya, keliatannya simpel tapi tetep susah disiplin.

  20. Semenjak melahirkan jadi jarang olahraga. Hikss. Musti diniatin lagi neh buat olahraganya

  21. wah mantap kakak…makasih atas infonya…saya juga rasakan hal seperti yang di tulis di blog ini….terutama pada anggota tubuh bagian kanan…terkadang sedang depan komputer karena terlalu ngantuk jadi ketiduran….tau-tau setelah bangun tangan dan kaki saya kesemutan……apa yang harus silakukanya??

    • Setiap bangun pagi langsung minum air putih hangat segelas dan lakukan stretching alias senam peregangan. udah tau dong gerakannya kayak apa?

  22. Kok fotonya orang memanah siiih kirain ada tentang memanah (archery) 😐😐😐

    • Oh, harusnya ada caption bahwa memanah adalah olah raga yang baik untuk dilakukan teratur etc. Oke, akan aku tambahi. Thank you 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s