BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Musim Hujan & Tanaman Hias

8 Komentar

Over watered. Sebuah istilah yang mengerikan di musim hujan, terutama untuk tanaman hias di dalam pot. Over watered adalah kondisi dimana tanaman lemes atau menguning daunnya karena media tanam di dalam pot terlalu lembap, atau bahkan basah terlalu lama.

Bagiku tanaman lemes karena over watered alias kebanyakan terguyur air (bisa karena kita terlalu semangat menyiram, bisa karena terguyur air hujan) lebih deg-degan dari pada lemes karena kurang air. Kalau kurang air, lakukan bottom watering, beres. Nah kalau over watered? Lebih rumit urusannya.

Kalau nggak diatasi segera, tanaman yang over watered lama-lama bisa membusuk akarnya. Pada tahap itu, biasanya sudah tidak tertolong lagi.

Jadi selama musim hujan ini setiap pagi aku cek tanaman di teras yang terkena tampias hujan, medianya terlalu basah nggak ya? Dan kalau terlalu basah cara mengatasinya adalah:

β›ˆ Coba diangin-anginkan dulu pot dan tanaman yang media tanamnya kelihatan basah banget. Kalau ada matahari pagi, dijemur. Kalau masih belum ketolong baru ganti media tanamnya.

πŸ’¦ Selama musim hujan libur misting dulu ya. Musim hujan kelembapan tinggi, di Jakarta tiap hari udah di atas 70%.

β˜”οΈ Kurangi frekuensi siram. Sering hujan, kelembapan udara lebih tinggi, maka media tanam juga menahan kelembapan air lebih lama.

🎍 Pakai pot terakota lebih kecil risiko over watered karena pori-pori pot terakota membuat air bisa merembes. Pot plastik tidak ada pori-porinya. Tapi di musim kemarau pot plastik lebih baik dalam menjaga kelembapan media tanam.

πŸ₯… Posisi menentukan prestasi. Tanaman yang suka lembap aku geser ke pinggir teras yang kena tampias air hujan. Tanaman yang suka agak kering aku geser ke tengah teras, agar nggak kehujanan.

πŸ§˜πŸΎβ€β™‚οΈ Chill. Kadang lihat satu daun menguning kita udh mikir β€œWah kenapa nih? Over watered?” Padahal ya daunnya udah tua, udah saatnya gugur… Yup, dulu aku sering begini πŸ˜…πŸ€­

Gimana kondisi tanaman2 di rumahmu sejak masuk musim hujan ini?

Penulis: Swastika Nohara

I'm a freelance content and script writer for movies, television, commercials and internet-related content. With a team, I also do documentaries, video tutorial, video presentation and corporate video. I'm based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth. For me, life is like a cup of coffee. Life is the coffee while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead!

8 thoughts on “Musim Hujan & Tanaman Hias

  1. Waaah… Saya suka melihat tanaman mba Swastika Nohara.

  2. Kalau tantangan saya pelihara tanaman di negara empat musim terutama di belahan bumi utara banget adalah gada matahari mba. Tanaman sih rata2 indoor semua, jadi aman lah dari dingin dan hujan, tapi klo udah berbulan2 mendung2 gada matahari, koit juga deh πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s