BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Cermat Memilih Pinjaman Online

2 Komentar

Bicara soal keuangan, setiap orang pasti pernah mengalami beragam masalah termasuk saya. Namanya hidup, terkadang kita dihadapkan dengan kebutuhan yang mendesak, misalnya ada keluarga yang masuk rumah sakit, atau butuh modal usaha. Kalau kita punya dana darurat atau tabungan yang cukup, kita mungkin masih bisa bernapas lega.

Tapi, bagaimana bila kita tidak punya dana darurat atau nggak punya tabungan yang cukup? Atau bagaimana bila dana darurat yang kita sediakan ternyata belum mencukupi biaya yang harus dikeluarkan? Hmm…

Asal jangan buat beli monvar sampai minjem duit ya… beli monjo aja deh, lebih murah.

Contoh kasus lain, misalnya kita mau buka usaha dan perlu modal awal. Sementara tabungan kita nggak cukup, padahal alat, bahan baku dan tenaga kerja sudah di depan mata.. Sayang sekali bila kesempatan ini dilewatkan. Jadi salah satu sumber pinjaman modal usaha yang tidak sulit mendapatkannya bisa diperoleh dari KTA online seperti Tunaiku.

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Jadi sudah 6 tahun melayani kebutuhan rakyat Indonesia. Tunaiku adalah salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.

Perbedaan Tunaiku dengan situs fintech lain yang ada di Indonesia ada pada 2 hal penting yaitu keamanan dan fleksibilitas. Berbeda dengan situs fintech biasanya, Tunaiku berdiri di bawah naungan bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Maka memilih KTA online di Tunaiku dapat dibilang aman terpercaya

Sementara untuk fleksibilitas, Tunaiku menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Hal ini berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

Pengalaman pribadi kerabatku, dia mengambil pinjaman online dari sebuah sumber (tentunya bukan Tunaiku) untuk modal usaha travel. Di awal dia sudah tahu tenornya cukup pendek, tapi dia ambil juga. Kemudian, namanya bisnis kan nggak bisa langsung menghasilkan uang banyak di awal ya. Alhasil kemudian dia ngos-ngosan berusaha melunasi pinjaman beserta bunganya itu.

Dalam usahanya untuk melunasi sampai dia terpaksa meminjam ke saudara dan keluarga besar, serta beberapa teman. Tentu ini malah merepotkan banyak orang. Seandainya saat itu saya tahu, atau seandainya sebelum mulai usaha dia cerita-cerita ke saya, mungkin nggak perlu terjadi kerepotan tersebut seandainya saja dia meminjam dari Tunaiku karena bisa dengan tenor yang lebih panjang.

Jadi, pertimbangkan baik-baik kebutuhan dana yang kita hadapi sebelum meminjam. Idealnya sih sejak sedini mungkin kita merancang keuangan diri sendir dan keluarga (bagi yang sudah berkeluarga). Kalau belum mulai perencanaan keuangan, nggak ada kata terlambat untuk memulainya sekarang. Biasanya kegiatan perencanaan ini dimulai dengan merinci dan menghitung apa saja aset yang kita punya. Lalu bikin pos dana darurat dan pos-pos dana lainnya.

Jadi di saat mendadak butuh duit dan dana darurat tidak ingin dipakai, coba ingat-ingat lagi jangan-jangan ada aset yang bisa dilepas untuk menutupi kebutuhan dananya. Nah, kalau memang harus meminjam, carilah pinjama online yang credible, terdaftar dan diawasi OJK. Semua ini demi kedamaian hidupmu sendiri nantinya.

Btw, teman-teman punya pengalaman apa soal pinjalam online? Share yuk di kolom komentar.

Have a great day! Stay healthy and stay productive.

Penulis: Swastika Nohara

I'm a freelance content and script writer for movies, television, commercials and internet-related content. With a team, I also do documentaries, video tutorial, video presentation and corporate video. I'm based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth. For me, life is like a cup of coffee. Life is the coffee while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead!

2 thoughts on “Cermat Memilih Pinjaman Online

  1. Jadi tau nih ada tunaiku yang udah kredibel. Kalau saya pribadi belum pernah pakai pinjol sih mba, dulu sempet parno melihat viral orang diteror debt colector gegara pinjaman online yang gak kredibel dan dijamin OJK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s