BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Lima Hal Wajib Di Semarang

7 Komentar

Bagiku Semarang selalu punya tempat khusus yang hangat di pojok hati. Bukan karena punya mantan orang Semarang ya… bukan. Aku lahir di kota kecil sekitar 25 km dari Semarang, sehingga selama masa SD, pergi ke kota Semarang itu selalu jadi acara plesir yang menyenangkan. Sekedar diajak bapak menjemput ibu saya latihan senam, atau main ke Simpang Lima, atau pergi ke Gramedia di Jalan Pandanaran walaupun di sana cuma numpang baca nggak beli buku, aku selalu suka ke Semarang.

Tapi sejak SMP aku udah jarang banget ke Semarang. Untungnya belakangan ini aku sering dapat undangan pekerjaan ke Semarang, mengisi workshop film pendek, menjadi juri lomba film pendek dan pernah sekali untuk keperluan shooting. Aku jadi bisa keliling kota Semarang lagi, belagak turis. Atau beneran turis? Karena jujur aja nih, aku udah banyak lupa… jadi serasa mengeksplorasi tempat baru.

Terakhir kali ke Semarang, aku pulangnya naik kereta dari Semarang ke Jakarta soalnya sekalian nostalgia. Dulu pas masih kecil aku selalu naik kereta ke Jakarta. Bagiku dulu, stasiun Tawang itu kayak magical place… ketika kereta datang, kita naik dan esok paginya bangun-bangun sudah di Jakarta. Ada yang merasa kayak gini nggak sama stasiun kereta? Hahaha… aneh ya?

1. Main dan foto di Kota Lama

Nah, di sekitar Stasiun Tawang banyak tempat yang instagrammable, apa lagi di kawasan Kota Lama, di sekitaran Gereja Blendhuk situ. Siapa tau mau eksplorasi sambil jalan kaki sambil nunggu jadwal kereta. Foto-foto ini lokasinya di sekitar kota tua Semarang nih…

2. Makan es krim di Spiegel Bar and Bistro

Masih di area Kota Lama, tepatnya di Jl Suprapto no.34. Tempatnya kece banget! Bangunan lama yang megah dan bisa naik ke balkonnya buat ngeliat ke bawah. Di sini nggak cuma es krim sih, di sini banyak makanan enak lainnya. Main course-nya enak-enak juga. Favoritku Bolognese, Lasagna Al Forno dan creme brulee.

3. Jalan santai di Simpang Lima

Aku masih suka banget menyusuri Simpang Lima, apa lagi sore atau malam hari. Simpang Lima merupakan sebuah tempat yang legendaris dan ikonik bagi kota Semarang. Sejak dulu saya punya kesan tersendiri di tempat ini. Sebagaimana kota-kota di Jawa umumnya punya alun-alun, yaitu sebuah lapangan luas tempat warga berkumpul dan berkegiatan. Simpang Lima adalah alun-alun kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Alun-alun ini dikelilingi jalan raya dengan lima simpang jalur kendaraan. Jalur tersebut adalah Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, dan Jl. Ahmad Dahlan. Di kawasan ini pada jam kantor sudah mengalami kemacetan seperti kota-kota besar lain. Tapi tentu saja tidak separah Jakarta.

4. Ngopi di TekoDeko Koffie Huis

Kopinya enak, tempatnya instagrammable. Kurang apa lagi? Ke sini sama temen-temen yang seru atau sama pacar, gebetan, atau pasangan, biar bisa pegangan tangan. Asik!

5. Main ke Lawang Sewu

Lawang Sewu, lawang artinya pintu, sewu artinya seribu. Ini memang gedung kuno yang memiliki banyak pintu sehingga dinamai Lawang Sewu. Bangunan peninggalan Belanda dengan desain klasik Eropa dan jendela dengan kaca patri yang elegan ini merupakan gedung kantor kereta api di masanya.

Tidak jauh dari gedung ini ada tugu yang diberi nama Tugu Muda. Konon, Tugu Muda dibangun untuk memperingati pertempuran lima hari melawan tentara Jepang. Tugu Muda ini juga dihiasi dengan air mancur yang cantik.

Ya memang masih banyak tempat menarik lainnya, bisa juga ke Rawa Pening dan Ungaran yang deket banget dari Semarang. Dan masih banyak banget tempat makan enak di Semarang, misalnya asem-asem daging Koh Liem di seberang SMA Loyola, ayam goreng Pemuda, nasi koyor, Sari Raos, leonpia gang Lombok dan masih banyaaak lagi!

Kamu pernah ke Semarang? Apa tempat favoritmu, atau makanan kesukaanmu di sana? ***

Penulis: Swastika Nohara

I'm a freelance content and script writer for movies, television, commercials and internet-related content. With a team, I also do documentaries, video tutorial, video presentation and corporate video. I'm based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth. For me, life is like a cup of coffee. Life is the coffee while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead!

7 thoughts on “Lima Hal Wajib Di Semarang

  1. wah jadi kangen ke semarang lagi

    Diskusicantik

  2. Aku suka dengan Semarang. Suami juga suka, waktu bulan madu kami mampir Semarang dan dia suka bangunan2 di sana banyak yg bergaya Belanda. Makanannya aku suka lumpia jelasnya sama bandeng juwana. Kalau ke Semarang selalu ke restoran Bandeng Juwana. Mampir ke Toko Oen juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s