BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Nikmatnya Makan Baselo Di Payakumbuh

46 Komentar

“Nanti malam kita bakal ngerasain tradisi makan baselo yang khas Minang banget di rumah Uni Emi!” ucap Bung Arie Parikesit dengan mata berbinar-binar. Kami jadi penasaran, kayak apa sih makan basilo ini? Apa saja yang disajikan?
Sekitar pukul 7 malam kami berangkat ke rumah Uni Emi di Payakumbuh, Sumatera Barat, dengan antusiasmu membuncah. Trip kali ini memang bersama teman-teman yang semuanya doyan makan. Lepas dari jalan besar, Bung Arie membawa kami berjalan di lorong gelap. Saya sampai menggunakan sorotan ponsel sebagai senter, biar kelihatan kalau nemu duit 100 ribuan di tengah jalan. #ngarep

Tak lama kemudian kami tiba di rumah Uni Emi, seorang diva dalam seni memasak rendang dan kuliner Minang lainnya. Biasanya kalau bertamu kan duduk di ruang tamu gitu ya… Di rumah Uni Emi ini kami langsung masuk ke dapurnya! Langsung menemui Uni Emi yang lagi asik merandang, alias mengaduk-aduk bumbu rendang di dalam wajan di atas kompor yang apinya menyala syahdu. Uni bilang, rendangnya ini mesti diaduk selama 6 jam!

Hmm… kalau tiap minggu masak rendang, pasti efek sampingnya lengan jadi kekar, kece ala Michelle Obama!

Belum lagi keringetan karena berdiri di depan kompor selama jam-jaman. Dah, gak usah repot sauna. Bayangkan berapa ribu kalori yang terbakar sambil masak rendang. Kelar. #wanitaMasaKiniHarusFit #MakanyaSeringlahMasakRendang

Uni Emi Payakumbuh IMG_6567 2

Uni Emi menjelaskan bahwa merandang adalah proses mengaduk masakan ini selama beberapa jam hingga daging beserta santan dan bumbunya terkaramelisasi (caramelized), menjadi kering dan berwarna coklat tua kehitaman. Inilah rendang yang sesungguhnya. Kalau kamu pernah makan rendang yang masih berkuah dan warnanya merah, itu terhitung rendang on the way, alias belum paripurna menjadi rendang, dan disebut kalio.

Di Payakumbuh kunci kelezatan rendang Uni Emi terletak pada campuran daun kayu, daun suriang, daun rambai, daun belimbing wuluh dan daun mali-mali yang diaduk bersama. Makanya disebut rendang kayu. Jadi tetap ada dagingnya, tapi plus daun kayu dan 5 jenis daun lainnya. #janganpakaidaunjendela #janganjugadaunpintu

Apa saja yang bisa direndang? Daging sapi, daging ayam, paru, cubadak, daun singkong, daun pakis, dan telur. Tapi telurnya bukan telur bulat ya… didadar dulu baru direndang hingga crispy. Nanti deh saya tulis terpisah tentang proses pembuatan dan kelezatan rendang telur Payakumbuh.

Uni Emi sukses membuat kami menitikkan air liur saat melihat beliau menggoreng jariang dan mengulek sambal, mau masak sambalado jariang a.k.a jengkol. Woohooo! Biji jengkol tampak mengkilat nikmat saat digoreng dengan minyak goreng yang baik hingga matang merekah.

Kami segera duduk berderet di ruang tengah, siap untuk makan baselo. Rupanya baselo berasal dari kata bersila, posisi duduk para pria saat makan bersama ini. Perempuaannya dalam posisi apa dong? Kayang? Untungnya bukan… Para perempuan duduk basimpuah atau bersimpuh ala-ala putri keraton. Ya kalau udah pegel bolehlah duduk gaya bebas, atau gaya dada. #WanitaMandiriBebasBergaya
makan baselo payakumbuh

makan baselo rendang kayu

Rendang kayu Payakumbuh

Rendang kayu Uni Emi

Deretan ragam masakan Minang telah tersaji. Ada rendang kayu (foto besar), rendang bule, rendang paru, baluik kering, gulai sapi, salad segar, jariang sambalado sampai rendang beras juga ada! Malam itulah untuk pertama kalinya saya makan jengkol sambalado. Makan satu potong saja, yang penting bisa bilang dengan bangga, “Aku pernah makan jengkol loh!”. Eh, pernah makan jengkol termasuk prestasi bukan sih?

Rasanya? Lumayan… tolerable. Nggak semengerikan yang saya bayangkan. Mungkin karena racikan sambalado bikinan Uni Emi sangatlah enak, jadi meresap manja ke setiap butir jengkolnya. Kalau kamu, team jengkol atau non-jengkol?

Jelajahi lebih jauh kuliner Minang dengan nasi kapau paling mantap se-Bukittinggi, rendang kayu masakan Uni Emi sang diva rendang dari Payakumbuh, bofet Gumarang di Padangpanjang yang ketan pokatnya juara, serta bofet Sianok yang tiada dua di Payakumbuh. Sulit bagi saya memutuskan mana yang paling enak, karena semuanya enak banget!

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

46 thoughts on “Nikmatnya Makan Baselo Di Payakumbuh

  1. Makanan yang sungguh menggairahkan semua itu @.@ Tapi harus ingat kolestrol

  2. Gua pindah ke kampung lagi ah 😀

  3. Aduh ingat kampung di rumah nenek

  4. Ping-balik: Ketan Srikaya Paling Enak Sedunia | About life on and off screen

  5. Duh baca ginian pas puasa jadi lapar.

  6. mmmm…benar-benar menggugah selera…dari gambarnya saja dah sesuatu..bikin ngiler..tulisannya menarik 🙂

  7. Ooooh tabahkan hatiku lihat makanan enak-enak. Sementara kalau mau bikin rendang kurang sabar menunggu rendang mengering, makanya cuma sampai level kalio aja.

    • Hehehe… sebenarnya level kalio pun enak kok, aku suka! Cuma kalau sudah jadi rendang lebih tahan lama disimpan. Btw, kadang aku bertanya dalam hati, gimana kandungan gizinya rendang ya? Protein pada dagingnya masih ada yg tersisa kah? 🙂 😀

  8. Nemu seratus ribuannya kagak tapi kalah kesandung batu. Trus inget Aryan bilang “eh kita kayak mau pergi tarawehan ya” 😂😂😂.

  9. Super banget hidangannya…semoga kesampean makan baselo, biar sah sbg org minang >.<

  10. Ya ampuuun.. semua foto makanannya menggoda iman sekaliiii.. adik iparku doyan bener jengkol. Tiap minggu minta dimasakin jengkol sama mertuaku huwehehehe

  11. iki opo sih mbak??? kulineran padang muluk, ngebaca doang beratku udah nambah sekilo huhuhuhu

  12. Nah, ini pas banget lagi sahur baca postingan ini. Bisa meningkatkan nafsu makan (padahal sahurnya cuman pakai buah haha). Aku team non jengkol. Sejak lahir belum tahu rasa jengkol seperti apa, ga tertarik juga. Malah suami yg suka banget makan jengkol, katanya rasanya kayak kentang haha.

    • cobain jengkol den, enyaaaakk hahaha

    • Hahaha… Aku juga setelah 30 tahun lebih penasaran rasa jengkol, akhirnya tau rasanya itu plain mirip kentang, jadi dia menyerap bumbu apapun yang dicampurkan. Eh serius sahur cuma buah doang? Gak pakai protein atau karbo?

      • Iya, sejak ikutan Food Combining (lebih dari 8 tahun lalu kayaknya) kalau sahur cuman buah saja (minimal 3 macam buah) dan minum air jeruk anget pas bangun tidur. Alhamdulillah seharian seger, ga terlalu berasa laparnya. Kalau buka puasa sama : minum air jeruk anget dan buah dulu trus sholat maghrib. Setelahnya baru makan karbohidrat, sayuran segar dan protein. Dengan cara ini enak banget di badan, apalagi sejak tahun kemaren puasa 19 jam.

        • Wow!!! Puasa 19 jam dan hanya sahur buah dan tetap segar? MENARIK BANGET!! Makan sahur buah potongnya seberapa banyak?

          • Ya secukupnya aja, ga ditakar2 haha. Misalnya : pisang satu, apel satu dan jeruk satu. Sudah itu cukup. Makan pun jangan yg tergesa2, santai dikunyahnya biar tercampur dengan air liur. Prinsipnya sama kayak sarapan pas ga puasa. Aku kalo sarapan ya cuma buah saja sampai makan siang baru menu lengkap. Ya selama lebih dari 8 tahun ikutan pola itu jadi memang kerasa banget enak ke badan dan ke perut. Oh iya, aku ngerasa banget bedanya antara sahur pakai karbo dan buah : ga gampang ngantuk dan ga berat di badan. Rasanya seger aja gitu. Ayok dicoba, beneran segernya. Aku pernah lho diwawancarai TV Nasional tahun kemaren tentang sahur buah ini *hahaha promosi diri https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=8rFcg9hqFmM disini linknya

            • Waaaahhh… menarik bangettt!!! Aku pengin coba ah… boleh langsung coba kan, gak perlu latihan dulu kan? *BrbklikLinknya

              • Jadi, tadi pagi sudah dicoba sahur buah2an belum? Ga usah latihan, langsung praktek aja. Bangun tidur minum air hangat plus perasan jeruk nipis, trus jeda sebentar lalu makan buah2an. Trus minum air. Makan buah2annya yg penting dikunyah perlahan. Semoga sukses yaa!

                • Bangun tidur minum air hangat plus perasan jeruk nipis — INI SUDAH! *akubangga
                  Sahur makan buah-buahan sudah, cuma 2 macam buah sih, tapi abis itu masih lapar…. Jadi makan nasi dan sup juga deh Untung abis itu imsak 🙂 😀 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s