BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Nonton Gerhana Matahari Total Di Palembang

78 Komentar

Gerhana matahari total ini peristiwa langka! Katanya cuma terjadi setiap 100 tahun sekali, jadi jelas saya dan banyak orang lain hanya akan mengalaminya sekali seumur hidup.Di Indonesia gerhana matahari total dapat dilihat dari Belitung, Bangka, Balikpapan, Luwuk, Palangkaraya, Palu, Ternate, Halmahera dan Palembang. Palembang adalah area pertama di Indonesia yang dilalui gerhana matahari total dengan durasi selama 1 menit 50 detik saja. Okeh, biar sambil bisa makan pempek paling enak sedunia, saya dan serombongan teman pergi ke Palembang khusus untuk nonton gerhana matahari total!

Nggak cuma kami, ternyata ratusan turis dari berbagai kota, bahkan dari manca negara, juga ke Palembang buat nonton gerhana matahari total. Tentunya banyak dari mereka yang bawa kamera dan alat fotografi nan canggih. Saya yang cuma modal iPhone dan kamera pinjeman jadi merasa seperti butiran serbuk jasjus… Tetep semangat!

Kami sudah siap sejak jam 04:00 pagi, meski masih agak ngantuk, kami kuatkan tekad dan segera berangkat agar bisa menempati titik strategis di atas jembatan Ampera yang iconic itu. Sejak tengah malam sebelumnya jembatan Ampera ditutup bagi kendaraan, dijadikan tempat pesta rakyat yang ingin nonton gerhana matahari total.

IMG_1794

Foto di atas karya Rendy, Traveler Kaskus, yang jalan bareng ke Palembang.

Tak sekedar menonton gerhana matahari total, Disbudpar Sumatera Selatan telah menyiapkan sederet acara menarik seperti gelar sarapan pagi di jembatan Ampera, serta menampilkan barongsai dan Naga Raksasa di kawasan yang sama. Ini kesempatan emas!

Rombongan kami total ada 12 orang, terdiri dari blogger, fotografer dan awak media dari Indonesia, Malaysia dan Singapura. Kami sampai di jembatan Ampera jam 5 pagi, dan jembatannya sudah penuh orang! Setelah menyelip kanan-kiri, berdesakan di tangga naik, akhirnya kami sampai juga di atas jembatan, yang sudah disulap jadi deretan meja-kursi untuk menonton gerhana matahari total.

Saya, Simbok Venus, Ira dan Pojie seorang blogger dari Kuala Lumpur duduk satu meja. Kami cemas melihat awan tebal menggantung persis di atas kepala kami. Gimana bisa melihat gerhana kalau tertutup mendung?

Doa-doa segera kami panjatkan, semoga langit cerah. Warga terus berdatangan, memadati kedua jalur jalan raya di jembatan itu. Dua orang MC memandu jalannya acara, mengingatkan agar yang datang sama pacar jangan sampai kehilangan pacarnya… soalnya di atas jembatan dan sekitarnya sudah penuh sesak manusia. Ramenya ngalahin konser Bon Jovi di Senayan!

Menit-menit berlalu, tak terasa sudah menjelang jam 7.20 WIB, jadwal gerhana matahari berlangsung. Dan kekuatiran kami menjadi kenyataan. Mendung tebal tetap menggantung! Malah ada yang bilang, mendung tebal itu bercampur asap dari pabrik pupuk PUSRI yang lokasinya memang di dekat sungai Musi itu. Yaaah…. mimpi melihat cincin gerhana matahari total pun hancur luluh berantakan!

gerhana matahari total palembang

Keterangan foto: Jadi sejak masih gelap jam 5 pagi sudah standby di jembatan Ampera, lalu sekitar jam 6.30 pagi langit sempat cerah dan ini memberi harapan palsu, karena jam 7 pagi langit kembali mendung hingga pas puncak gerhana matahari total jam 7:20 mendung makin tebal, tak terlihat sama sekali gerhananya! Foto paling kanan bawah itu gerhana matahari total di Ternate, dijepret oleh teman saya Satya Winnie, seorang travel blogger hit yang selalu ceria. Saya iri sama fotonya Satya ๐Ÿ˜€

Begitulah… perjuangan menyaksikan gerhana matahari total meskipun berakhir tragis bagaikan kisa cinta Romeo dan Juliet, tapi tetap meninggalkan kesan mendalam di hati saya… Sudah, jangan taburi lagi luka hatiku dengan irisan jeruk nipis di kolom komen ya… hiks…

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys lifeโ€ฆ Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee providedโ€ฆ. So, donโ€™t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Errโ€ฆ in less philosophical words, Iโ€™m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

78 thoughts on “Nonton Gerhana Matahari Total Di Palembang

  1. Jadi kangen Pasar Cinde ..Pasar 16.. Tanggabuntung .. Maksuba .. Ahhhh

  2. Di pontianak gerhananya 90% tapi mendung banget jadi gak kelihatan sama sekali deh. Kirain aku di palembang kelihatan. Ternyata gak ya. Di tv kayaknya grlap banget gitu

  3. Suasana pas GMT memang bikin merinding. Aku memang gak niat buat moto gerhana, makanya seru aja dengerin yang ngomel-ngomel ke pabrik pupuk.

  4. Ping-balik: 5 Hal Seru Di Pagaralam – About life on and off screen

  5. Wah jadi kangen Palembang, gk terasa sudah 3 tahun gk lewat Ampera. Hehe

  6. Ping-balik: Menyepi Bareng Sepi Saat Nyepi di Bali | Kata Shasy.......

  7. Pengalamannya keren kak! Daku mupeng ๐Ÿ˜€

  8. Untung aku ke Palembang ga niat motret proses GMTnya, hanya ingin merasakan suasana keseruan festival di atas jembatannya ๐Ÿ˜€

  9. kirain poto yang pertama itu pas gerhana hahahah, lampu ya??

  10. Emang nggak bisa ya minta ke Pusri utk sementara istirahat produksi alias libur pas gerhana doang? Btw, nice post kak, jadi pengin ke Palembang!!!

  11. Ping-balik: Harta Karun Di Sumatera Selatan – About life on and off screen

  12. Hahaha…mbak, senasib donk. Masih mending nyampe jembatan Ampera, saya mah di air mancur mesjid krn dah susah naik ke Ampera. Orang2 pada tepuk tangan, saya lari ke atas jembatan penyeberangan pun tetep ga keliatan. Huaaa..padahal jauh beta berkendaraan dari bumi Jawa demi menunjukan keajaiban alam ini pada anak2. Tapi minimal mengalami perubahan gelap ke terang dan bikin merinding mbak.

  13. Keren banget kak walau agak berawan ya. Hiks saya aja belum kesampaian liat GMT langsung ๐Ÿ˜ฆ

  14. Kesempatan berikutnya tahun 2023 di Papua Mbak. ๐Ÿ˜€

  15. Saya merasa beruntung menyaksikan langsung gerhana matahari total dari Luwuk, langitnya cerah sehingga proses demi proses terlihat dengan jelas tapi yang membuat saya merinding ketika gerhana matahari total, seketika seperti sore menjelang magrib. Durasinya sekitar 2 menitan, tapi terasa sangat sebentar.

  16. Tahun depan ada lagi koq

    Di US. 21 Agustus 2017.

  17. Yah yang penting kuliner dan jalan jalan nya tetep bikin mupeng mba ๐Ÿ™‚

  18. Mbaaa, tapi sempet ngerasain gelap gulita jam 7.20 bukan?
    Yang penting ngerasain seneng & euforia nya ya, plus makan pempeknyaaaa ๐Ÿ™‚

  19. Yang penting, apakah sudah makan Martabak Kentang lagi?

  20. Ampera rame banget ya Kak tadi kalo liat foto temen-temenku. Hehehe dengerin reaksi orang-orang memang lucu, di socmed juga pada ngomel sama si pabrik pupuk. ๐Ÿ˜‚

  21. Hahaha.. gapapa. Yg penting ngumpul2 rame2nya kan seru banget.

  22. pasti seru ya kak lihat langsung

  23. Gapapaa yang penting makannya enak, temennya asik, perjalanannya seruu. Semoga dikasih rejeki liat gerhana matahari total lagi secara jernih bersih utuh suatu hari, Tik ^^

  24. Sekitar beberapa detik, gerhana sempat terlihat sebelum cincin sempurna terbentuk: “Woaaaaa!” (sekeliling tepuk tangan). Dan kemudian lenyap lagi tertutup awan plus asap tebal dari PUSRI; sekelilingku pada ngomel-ngomel. Sungguh hiburan merhatiin reaksi orang-orang

  25. Lebih sedih saya dong mba, saya cuma bisa nonton di tv saja saat gerhana matahari tiba karena di tasikmalaya nggak terlewati gerhana matahari. Coba sedihan siapa? hiks

  26. Seru banget kemeriahan nya, merinding saat lagu indonesia tanah air beta dan sholawat nabi berkumandang menjadi sound track saat gmt

  27. Yang penting akhirnya makan pempek terenak sedunia ๐Ÿ˜ berarti palembang gatot ya. Sarapan barengnya menunya apa saja? *tetep konsen di makanan๐Ÿ˜…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s