BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Kopi Kenari Sibu-sibu, Sejuta Rasanya!

29 Komentar

Pergi ke kota Ambon belum sah kalau belum mampir ke kedai Sibu-sibu. Di sini ada kopi kenari yang kenikmatannya akan terus terkenang hingga tujuh turunan! Kalau mau tau kenapa maka

Ambon memang terkenal sebagai salah satu daerah produsen kacang kenari. Nah, kopi rarobang alias kopi kenari ini adalah kopi dengan racikan khusus yang ditaburi irisan kacang kenari tipis-tipis. Cara minumnya begini:

  1. Hirup aroma kopinya
  2. Seruput dari pinggir cangkir
  3. Biarkan serpihan kenari menghampiri bibirmu
  4. Seruput sepihan kenarinya, kunyah pelan-pelan
  5. Biarkan kenarinya hancur dan lesap dalam mulut… Di sini kamu akan merasakan kenikmatan duniawi level tujuh!

Aroma rempah samar-samar terasa, menyertai secangkir kopi kenari. Tersedia pilihan kopi hitam atau kopi susu madu, keduanya pakai kenari. Saya berminat membeli bubuk kopi dan irisan kacang kenarinya untuk oleh-oleh dan untuk saya seduh sendiri di rumah. Sayangnya mereka tidak menjual bubuk kopinya. Katanya itu racikan khusus untuk disajikan pada tamu yang datang. Sad…

IMG_9772

Kedai Sibu-sibu juga menyajikan aneka snack khas Maluku. Di foto ini saja ada pulut unti siram, koyabu, kue sagu kenari dan gogos. Ada juga namu-namu, bruder sageru dan kasbi tone. Familiar? Atau nggak kenal kue-kue enak ini? Berarti kamu harus ke Ambon

Selain snack, kedai Sibu-sibu juga menyajikan makanan yang lebih berat seperti nasi goreng selimut atau roti bakar mayones isi abon ikan. Enak juga! Duh… Saya makannya banyak ya? Gapapa deh, asal tetep langsing. *dijambak

Nggak cuma makanan dan kopinya yang sedap betul, kalau lagi diet kamu bisa memilih aneka minuman jus. Ada jus buah yang standar kayak jus mangga, alpukat, jeruk dan sirsak, tapi ada juga jus yang langka di tempat lain kayak jus gandaria dan jus pala. Pernah nyicip jus pala?

IMG_9773

IMG_9774

Suasana kedainya unik dan asik. Dindingnya dipenuhi foto dan poster seleb Ambon di beragam bidang. Ada penyanyi, aktris, atlet sepak bola hingga binaragawati. Saya sih terpesona sama foto Daniel Sahuleka, penyanyi Ambon yang ngetop di Belanda. Fotonya di sini cantik bangeeeet!! Padahal aslinya ganteng!

Kalau malam ada live music di kedai ini. Pengunjung yang pede boleh maju dan menyanyi diiringi organ tunggal. Saya pengin banget nyanyi, tapi apa daya saya cuma tahu lagu Garuda Pancasila 🙂

Lalu, dimana lokasi kedai Sibu-sibu ini? Ada di Jl. Said Perintah No.47A Ambon, telf 0911-312525. Kalau jalan sama supir travel/penyewaan mobil, mereka pasti tau tempatnya. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Ambon seperti pernah saya tulis di artikel ini. Jadi, kapan kamu mau ke Ambon?

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

29 thoughts on “Kopi Kenari Sibu-sibu, Sejuta Rasanya!

  1. Ping-balik: Keliling Dunia Sambil Meneguk Kopi | BLOG Swastika Nohara

  2. Uuugh saya ada beberapa teman kuliah di Ambon sana. Tapi saya belom pernah jalan2 ke Ambon sama sekali. 😦 Bagi pecinta kopi ini wajib dicoba ya. 🙂

  3. sumpah ini mah yg bikin pgn kesana nyobain kopi susu madu kenarinyaaa ^o^… dr detil ceritamu aja udh kepengin bgt mbaaa 😉

  4. itu kopinya diekspor juga nggak mbak?

  5. Hmmm..gimana ya rasanya *ngebayangin*

  6. Wah saya catat klo ntar ke ambon mmpir nie. Lebih enak siang atawa malam kak?

  7. waduh laper liat fotonya hehe

  8. Mantap!
    cara minumnya itu berlaku ya ? kalau kopi udah nikmat banget tetep habisnya cepet srupat-sruput terus, kalau gak banyak org pasti nambah deh 😀

  9. iih langsung membayangkan kopi kenari, karena aku juga baru terpana rasa roti bakar kenari , oleh2 teman.., enaaak banget

  10. Ya ampyuuun Tik. Ngiler gw ngebayangin nyesep kopi trus kunya kenari pelan-pelan sampai lembut ditambahi lagi ama kopinya… *ngences level dewa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s