BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Festival Bahari Nuhanera

32 Komentar

Laut Indonesia menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa, terbukti dengan adanya beragam festival laut, termasuk Festival Bahari Nuhanera alias Nuhanera Marine Festival. Menyambung perjalanan ke Pulau Lembata, apakah di festival laut Nuhanera ada kegiatan berburu paus secara tradisional yang terkenal itu?

IMG_1641

Awalnya saya memang berharap bisa melihat whale hunting yang khas di Lamalera, sekitar 4 jam naik mobil dari Lewoleba ibu kota Kabupaten Lembata. Meskipun dalam hati saya agak nggak tega juga ya melihat paus dijadikan sasaran tombak nelayan, tapi kegiatan berburu paus secara tradisional ini memang iconic banget di Lamalera. Oke, kita kembali ke festival baharinya.

Namanya ke festival bahari, tentu biar afdol kami naik kapal kecil dari sebuah dermaga tak jauh dari kota Lewoleba (ibu kota Kab. Lembata) menuju Teluk Waienga. Di perjalanan kami mampir sebentar ke sebuah keramba di tengah laut tempat budi daya ikan kerapu. Oya, kami naik kapal bersama dengan rombongan Bupati Lembata yang akan membuka festival, jadi ada beberapa orang polisi yang mengawal. Nah, pas kapal merapat di keramba ini, pak polisi dengan sigap turun duluan lalu meniti tepian keramba. Tapi entah kanapa tiba-tiba dia oleng dan tercebur ke laut! Basahlah seluruh badan pak polisi ini… untuk badannya tertahan jaring keramba 🙂

Nuhanera Marine Festival ini juga melibatkan wisatawan manca negara yang datang naik serombongan yatch dalam rangka Sail Indonesia 2. Pulau Lembata ini memang sudah cukup dikenal sebagai tempat singgah pelancong yang punya minat khusus di dunia bawah laut. Setiap pekan rata-rata ada 1 kapal pinishi yang membawa 12 sampai 20 orang wisatawan datang ke Teluk Waienga untuk melakukan wisata under water serta berkunjung ke kampung adat Lewohal, maupun melakukan volcano trekking di Ilelewotolok.

Sebuah kapal tradisional melaju mantap, terdengar tetabuhan mengalun dengan tempo cepat mengiringi para penari yang bergerak rampak di atas kapal. Penari-penari pria mengenakan kain tenun tradisional bergerak enerjik. Sekelompok perempuan menabuh alat musik dan berjoget melebarkan selendang. Sebuah pemandangan cantik dengan background bukit berwarna coklat keemasan dan yang kontras dengan laut biru.

Tak salah memang Pantai Nuhanera dipilih sebagai lokasi festival. Air lautnya tenang, jernih dengan tanah lapang luas dan perbukitan di belakangnya memberikan panorama yang memukau.

IMG_1404

Warga menyambut kami dengan serangkaian pantun dan nyanyian dalam bahasa rakyat setempat. Lalu mereka memberikan kain tenun, sirih-pinang, dan moke alias arak tradisional dari pohon lontar sebagai tanda telah menerima kami, tamunya. Moke ini diberikan dalam batok kelapa, harus dibuang sedikit ke tanah baru diminum sampai habis. Rasanya asam segar beraroma tajam! Untung cuma harus minum satu kali saja!

Maka rangkaian acara puncak festival laut pun dimulai. Ada lomba renang di laut, lomba dayung perahu tradisional dan lomba mancing. Eh, mancingnya sudah sejak semalam sebelumnya, jadi pas kami datang tinggal menimbang hasil pancingan dan menentukan pemenang. Saya kaget pas melihat di meja hasil pancingan ada dua ekor ikan mirip hiu seukuran kaki orang dewasa. Ini bener nggak hiu, satwa yang dilindungi itu?

Dari sebuah puncak bukit di dekat lokasi festival:

.

Saat ngobrol dengan perwakilan dinas pariwisata di acara ini saya baru tahu kalau wisata bahari menyumbangkan 35% dari total kunjungan wisman (setelah wisata belanja & kuliner, serta wisata heritage & religi). Tak heran pemerintah pusat dan daerah serius mempromosikan potensi wisata bahari mereka melalui festival-festival semacam ini. Selain 6 destinasi wisata selam utama Indonesia di Bali, Lombok, Manado, Lembeh, Komodo dan Raja Ampat, kini Lembata berusaha menyeruak menjadi destinasi yang diperhitungkan dengan kekayaan alam bawah air di Teluk Waienga.

Lalu, bagaimana kesiapan sarana lain, termasuk penginapan, transportasi, sinyal telekomunikasi dan tempat makan? Bagaimana cara menuju Lembata dari Jakarta (atau kota besar lainnya)? Nah, soal itu sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya, klik aja di sini. Jadi, kapan kamu mau jalan-jalan ke Pulau Lembata?

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

32 thoughts on “Festival Bahari Nuhanera

  1. bangga jadi org asli lembata…

  2. Awesome photos!!!

  3. Uwoooowww….. keren nih! semua daerah kepulauan harusnya punya agenda festival lauuuuttt!!!

  4. dari foto-fotonya terlihat seru sekali perjalanannya! Kapan lagi ada festival semacam ini?

  5. Ah lembata ini salah satu impian ku, melihat pemburuan paus

  6. Kirain si mbak tikanya baju merah, hha. Fotonya mbak gak ada neh, cape cariinnya. Ikannya lumayan besar ya mbak. hhe

  7. Kasian whalenya diburu mba 😦

  8. Mantap Kakaaak 😀 We have to explore more in Lembata Island!

  9. Lembeh itu daerah mana mbak? Baru denger juga. Kalau yang lima lainnya seh udah pernah denger.

  10. tradisi berburu paus itu emang bikin Lamalera terkenal banget ya
    nonton di TV seru2 menyeramkan gitu

  11. jadi pengen kesana.. Penasaran sama whale hunting..

  12. Aku juga butuh vitamin Sea nie..

  13. Itu yang dua paling depan kok kayak hiu ya mukanya? 😀

  14. Wah sayang whale huntingnya gak bisa liat ya mbak. Rasanya dulu pernah nonton di TV. Masih tradisional sekali cara penangkapannya.

  15. Ping-balik: Pesona Pulau Lembata | About life on and off screen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s