BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Dilarang Kepo Pas Lebaran

51 Komentar

Lebaran sejatinya menjadi ajang kumpul keluarga besar yang jarang atau tidak pernah ketemu dalam situasi normal, sekaligus kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi. Namun faktanya ajang kumpul-kumpul ini sering malah jadi sumber rasa kesal lantaran komentar dan pertanyaan-pertanyaan kepo dari sanak saudara. Pertanyaan semacam, “Kapan kawin? Kapan punya anak? Kapan nambah anak?” seakan tak ada habisnya, seolah hidup kita melulu seputar kawin dan beranak pinak.

Saat ini saya berada di posisi mendapatkan pertanyaan soal nambah anak. Biasanya saya jawab dengan muka lempeng, “Penduduk bumi udah 7 milyar lebih, saya nggak mau tambah bikin sesak lagi!” Kelar. Bodo amat yang nanya Pakdhe atau Budhe lalu bengong dengan jawaban saya.

Pas kumpul-kumpul lebaran tahun ini, tiba-tiba seorang sepupu yang sedikit lebih muda dari saya menghampiri dengan muka kesal, dan bilang, “Kenapa sih kalau pas lebaran gini orang-orang pada kepo semua?”

Saya bisa menebak arah pembicaraannya dan saya tidak ingin menambah barisan orang-orang kepo itu. Maka saya menahan diri untuk bertanya, “Emang kenapa?”. Saya ganti dengan, “Ya udah tahun depan lebaran di India atau Pakistan aja, biar gak ada yang kepo!” And he bursted into laughter. Maka cerita pun mengalir tentang orang Indonesia yang punya kebiasaan bertanya hal-hal yang bisa jadi melanggar privasi justru di acara kumpul keluarga besar dan didengarkan oleh semua yang hadir.

An afternoon at the Jama Masjid, Old Delhi

An afternoon at the Jama Masjid, Old Delhi

Sebenarnya batasan pelanggaran privasi ini relatif sih. Bagi banyak orang soal kapan kawin dianggap pertanyaan biasa untuk berbasa-basi, yang beneran jadi basi. Tapi banyak juga yang sebel dengan pertanyaan ini karena berbagai sebab. Masalahnya, kita nggak tau pasti apakah orang yang kita tanya itu termasuk yang sebel dengan pertanyaan ini. Banyak orang tidak mengungkapkan kekesalannya di depan umum, jadi paling-paling dia menggerundel saja di belakang, atau ngomel dalam hati, atau malah nangis dalam hati yang kalau merembes bisa jadi paru-paru basah. Oke, ini garing.

Bayangkan, habis salaman dan minta maaf lahir batin, masa kita lalu mengajukan pertanyaan yang bikin dia sebel? Terus apa gunanya barusan minta maaf? Mending cari pertanyaan atau bahan obrolan lain, ya kan? Kreatif dikit lah!

Untuk menggantikan pertanyaan “Kapan kawin?” yang terlalu standar itu, kira-kira pertanyaan ice breaking apa yang cocok ya?

  • Kenapa sih ekonomi Yunani krisis? (oke, terlalu serius)
  • Menurutmu, cakepan Isyana Sarasvati atau Raisa? (hmm, gak semua orang kenal Isyana)
  • Kapan ya Jokowi gemukan dikit? (nah, semua orang Indonesia kenal Jokowi kan)
  • Kalau mau ngasah batu akik yang bagus di mana ya? (topiknya kekinian banget nih!)
  • Kamu tau gak, Maldives itu negara yang paling rendah sedunia loh! Tingginya cuma beberapa kaki dari permukaan laut. Kapan ya kita bisa ke sana bareng sebelum Maldives tenggelam? (cocok buat modusin sepupu yg cakep)

Kalau kamu punya ide kalimat pembuka obrolan yang keren atau mendebarkan hati, tulis dong di kolom komentar 🙂

Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan di blog ini. Yang mudik, kapan pada balik?

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

51 thoughts on “Dilarang Kepo Pas Lebaran

  1. Kapan ya selesainya jalan tol Sumatera?

  2. You are my inhalation, I have few web logs and rarely run out from post eaedeeeddgee

  3. “Kapan Ya Jokowi gemukan dikit?” kayaknya okeh juga buat pembuka obrolan :)))

    terALANkan.Wordpress.Com

  4. kalau sy nanya, kapan film barunya Tika tayang di bioskop gak kepo, kan?

  5. aku termasuk yg sebel kalo ditanyain pertanyaan kepo kaya gt.. makanya ebisa mungkin nahan diri ga nanyahal yang sama ama org lain..

    mungkin bisa diganti ama pertanyaan, kapan presiden indonesia diganti yah// #eh.. 😀

  6. Maaf lahir batin juga mbak.

    Kalau pertanyaan kapan yuks kita travel bareng ? 😆

  7. Kalo dikepoin hem balik nanya mau tau aja atau mau tau banget sambil senyum” lalu melengos pergi

  8. Kakak tjantekkk ai miss yuuuhhhhhhhh

  9. Kalo kepo menjurus kawin, aku hanya bisa dia dan tertunduk #nangisKejer

  10. Selamat hari raya Idul Fitri mbak.. Mohon maaf lahir dan batin.. 🙂

    Mungkin pertanyaannya bisa diganti dengan “Kapan ya sinetron tukang bubur itu tamat?”
    wkwkwk.

  11. pas nyicip masakannya, ih ini kastengelnya enak deh.. beli di mana? kalo bikin minta resepnya dong, kok bisa serenyah ini? :p

    *edisi tukang makan* heheehe

  12. Selamat lebaran Un,
    tak tambahin biar…….., Kapan selesai kuliah?

  13. selamat lebaran mbak, mohon maaf lahir batin. kalo menurutku lebih cantik isyana soalnya dia lebih muda. tapi suaranya tetep oke raisa *eh*. 🙂

    boleh ganti pertanyaan, pas lihat toples yang tidak transparan, nanya, ‘ini asli apa penipuan?’ maksudnya ini jangan-jangan emping kalo enggak rengginang ya?

  14. Kayaknya ini komentar perdana saya di blog kamu..
    Btw, saya gak punya kata-kata ice breaker utk gantiin pertanyaan kepo, cuma biasanya kalo ada orang kepo ke saya, saya akan akan balik lebih kepo lagi ke orang yg nanya itu, sampe dia gak enak hati sendiri. Saya “kenyang” dikepoin orang, terus menerus ditanyain kapan nikah selama 12 tahun, pas udah nikah ditanyain kapan punya anak selama 5 tahun. Sekarang saya lagi hamil, pertanyaan kepo sedang berhenti😉, tapi saya yakin pertanyaan kepo berikutnya pasti muncul..😆

    • Hai Emmy…. Thank you for stopping by and dropping a comment! Ide menarik tuh untuk ngepoin balik! Hmmm…. saya bisa nggak ya ngepoin balik ke orang2? Biasanya saya udah males duluan, jadi bawaannya pengin bumi terbelah dua dan saya masuk ke dalamnya, eh, atau jorokin orang yg kepo itu ke dalam belahan buminya!

  15. Hihihi… Iya, Mbak. Sy juga suka sebel dikepoin. Kemarin lebaran malah pura2 ketiduran supaya ga dikepoin keluarga yg baru datang. Duh.

  16. Aer dirumah masih lancar gak? Tetangga gw Udah mulai kekeringan nih.

    Oiaaa maapin lahir batin yah

  17. Hahahaha~ postingan yang bagus.

    Mohon maaf lahir & batin ya mbak ^^

  18. Kapan ya ini sepakbola ada pertandingan lagi? Payah ni Menpora…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s