BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Jajanan Sumatera Barat: Lamak Nian!

65 Komentar

BOFET SIANOK

Bofet adalah sebutan untuk warung makan yang menjual rupa-rupa makanan di Sumatera Barat, mulai dari appetizer, main course sama desert. Bofet Sianok ini cukup terkenal di Payakumbuh, letaknya di Jl. Jend. A. Yani depan Pasar Ibuh. Kalau udah sampai Pasar Ibuh, tanya aja sama orang situ, pasti ditunjukkan jalan menuju bofet Sianok.

PhotoGrid_1407155120952
Bofet ini kelasnya lebih keren dari pada warteg tapi belum sekeren rumah makan. Di kaca display bagian depannya ada beberapa panci berisi aneka bubur, ada bubur ketan, bubur sumsum dan bubur kacang hijau. Nah, campuran berbagai bubur ini dalam takaran yang pas, ditambah santan, parutan kelapa, gula kinca dan Srikaya yang manis legit, jadilah Bubur Kampiun, makanan andalan Bofet Sianok yang banyak dicari para pengunjung, termasuk kami. Rasanya? Manis legit mengigit lidah!

Satu porsi bubur kampiun sudah cukup banget membuat saya kenyang. Di foto ini yang warnya pink segar menggoda itu. Selain bubur kampiun, nasi goreng, lotek dan ampiang dadiah termasuk menu laris di tempat ini. Apakah ampiang dadiah itu? Semacam yogurt ala Minang disajikan dengan kelapa parut dan gula cair. Pokoknya layak dicoba deh kalau ke Payakumbuh. Katanya tempat ini buka tiap hari, satu orang habis sekitar 20-30 ribu rupiah, perut kenyang dan lidah bergoyang!

SATE DANGUANG-DANGUANG

Ini juaranya sate padang se-Sumatera Barat! Serius. Kelezatannya membuat sate Mak Syukur yang tersohor itu menjadi terlupakan. Heheheโ€ฆ Bayangkan ya, sate Danguang-danguang ini dimakan tanpa bumbu saja daging sapinya terasa lembut dan enak. Jadi cukup mencolek sedikit bumbunya, maka terjadilah ledakan sensasi rasa gurih sedikit pedas di dalam rongga mulut, dan lidah akan berdecap meresapi kenikmatan duniawi yang dia hantarkan.

Lokasi tendanya ada di bagian depan Pasar Ibuh, di kota Payakumbuh dan buka di malam hari. Kalau lewat malam hari, gerobak kelihatan jelas dari tepi jalan besar, jadi gampang dicari. Saya nggak tau persis harga perporsinya berapa, karena pas ke sana kami memesan 60 tusuk untuk 4 orang dewasa. Jumlah ini langsung ludes dalam sekejap, malah kami nambah lagi 20 tusuk, saking enaknya! Hahahaโ€ฆ
PhotoGrid_1407155501426

LASA

Kata teman saya yang orang Minang, makanan ini namanya Lasa. Saya cukup kagum waktu melihatnya dijajakan di warung-warung sepanjang jalan menuju air terjun Lembah Harau. Kerupuk lingkaran yang lebar ini mirip banget dengan Opak kalau di Jawa Tengah, ditumpuk sampai menggunung tinggi dalam kantong-kantong plastik. Kalau ada pembeli baru dikasih kuah sate Padang, mie dan sambal. Saya pun tergoda mencobanya. Ternyata rasanya gurih pedes gituโ€ฆ Rasa ini sangat ditentukan oleh racikan saosnya. Nah, kalau makannya dilipat dua lalu digigit, maka jadilah Taco the Minang style ๐Ÿ™‚
PhotoGrid_1407155357760

DUREN

Needless to say, this is the most famous (and notorious) Asian fruit! Sebenarnya Bung Ucup-lah yang penggila durian sejati. Di mana ada duren, pasti dia samperin. Jadilah kami setiap hari makan duren, geser tempat sedikit kalau ada duren, pasti dicicipi. Di sepanjang rute Sumatera Barat kemarin, duren paling enak adalah yang kami temukan di Sicincin. Meskipun ukurannya tidak besar tapi dagingnya manis dan legit. Harganya bervariasi, beda tempat beda harga, tapi secara umum murah dibanding Jakarta. Satu butir durian berkisar antara 10-20 ribu. Di Ngarai Sianok, ada penjual duren mobil pakai pick up, dia random aja mengambil dan membelah duren buat kami, dan semuanya manis! Saya curiga, satu pick up itu durennya manis semua ๐Ÿ˜€
Varian penyajiannya adalah dengan dibuat es duren. Ada yang tau bisa dibuat apa lagi?
PhotoGrid_1407155254416

JAGUNG BAKAR

Apa istimewanya jagung bakar sih? Lihatlah foto ini, anak balita usia 4 tahun itu tetap semangat menggigiti jagungnya meskipun terlalu berat buat dia pegang dengan tangan. Jadi caranya letakkan jagung bakar di atas meja dialasi tissue, lalu majukan mulut buat menggigigiti jagungnya! Heheheheโ€ฆ Dia segitu semangat karena jagung bakar ini istimewa. Manis banget, jagungnya empuk dan muda, plus dimakan sambil menikmati keindahan panorama Kelok 9, seperti terlihat di foto berikutnya. Kami berhenti sebentar di Kelok 9 (tidak jauh dari Payakumbuh ke arah Pekanbaru) khusus untuk makan jagung bakar ini lho!
PhotoGrid_1407059060393
sumbar kelok 9

MAKANAN MISTERIUS

Nah, makanan ini saya temukan di dangau pinggir jalan antara kota Payakumbuh dan Pekanbaru. Terbuat dari singkong, rasanya agak gurih tapi tidak terlalu asin. Enak deh. Saya tanya ke saudara teman seperjalanan yang orang Minang, “Kue ini apa namanya?” Dia cuma bilang ‘semacam keripik singkong’. Jawabannya tidak salah, tapi juga tidak memuaskan. Ada yang tau jajanan ini namanya apa?
Screen shot 2014-08-13 at 11.00.01 AM

Sebenarnya masih ada beberapa jajanan yang menarik, seperti Sipuik (siput dimasak kuah), seperti Karupuk Sanjai, Galamai (semacam dodol), dan Bareh Randang (yang tadinya saya kira semacam injit… duh!), tapi karena nggak punya fotonya jadi nggak saya bahas. Maklum, pas ketemu langsung sikat sampai habis saking enaknya jadi kelupaan saya foto. Biarlah ini jadi alasan supaya saya keliling Sumbar lagi. Ada usul nggak, jajanan apa lagi yang perlu saya coba kalau ke Sumbar lagi?

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys lifeโ€ฆ Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee providedโ€ฆ. So, donโ€™t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Errโ€ฆ in less philosophical words, Iโ€™m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

65 thoughts on “Jajanan Sumatera Barat: Lamak Nian!

  1. Kerupuk singkong itu namanya Roda Gandiang ..

  2. Ado nan lupo ciek lai. “Rondang Tolua Riri” di Limposi, arah Suliki.

  3. Ping-balik: Karupuak Di Lembah Harau & Aneka Jajanan Minang | About life on and off screen

  4. Ping-balik: 3 Jenis Sate Padang, Yang Mana Favoritmu? | About life on and off screen

  5. Balam itu sejenis burung kak, burung balam, nah, sarang burung balam itu bentuknya persis kayak gitu, kusut, diuntel-untel, kalo makanan sarang balam asli bentuknya bulat, sedikit lebih besar dr bola pingpong, tapi ada juga yg dibuat pipih, tapi tetep kusut untel-untelan, biasanya diremukin ke dalam kuah sate Danguang2, bakso atau miso, gituuuu, hehe

  6. Ping-balik: Nasi Kapau Uni Cah Juara Nasional | About life on and off screen

  7. Ping-balik: Kenapa Dinamai Ayam Pop? | About life on and off screen

  8. Seneng banget baca review nya tentang sate dangung-danguang, hehe, aku asli dangung-danguang, di perantauan sate Danguang2 lah yg paling dirindukan. btw, manakan misterius itu namanya sarang balam kalau di daerah dangung-danguang :))

  9. Ping-balik: Adakah RM Padang Di Padang? | About life on and off screen

  10. Ping-balik: Jelajah Gizi Sepiring Nasi Goreng | About life on and off screen

  11. bikin ngiler ……..

  12. Ping-balik: Festival Langkisau: Pesona Pesisir Selatan Sumbar | About life on and off screen

  13. Ping-balik: Deadly Delicious Healthy Food | About life on and off screen

  14. Wah…. kangen berat sama masakan kampung ku, dah lama gak nyicipinnya.

    yang LASA itu sering disebut KARUPUAK KUAH mbak, sedangkan MAKANAN MISTERIUS yang mbak bilang itu namnya KACUMUIH. *ngomongnya pake aksen Minang ya Mbak, kalau gak, bakalan kedengaran lucu. ๐Ÿ™‚

  15. Ping-balik: Di Balik Gemah Rempah Mahakarya Indonesia | About life on and off screen

  16. Ping-balik: Dicari: Dua Orang Buat Dibayarin Liburan Keliling Sumatera Barat | About life on and off screen

  17. Di payakumbuh, ada beberapa versi nama kerupuk kuning yang terakhir itu, beda nagari beda nama, ditempat saya tinggal namanya “roda gandiang”, sewaktu saya beli ke tempat pembuatnya di sicincin, payakumbuh namanya “golong-golong”

    ahhh.. jadi pengen pulang. ๐Ÿ˜€

    • aiiih.. benar, dan roda gandiang kedengerannya keren! Kapan ke Sumbar? Baca posting ke-3 di homepage blog ini ada caranya biar kamu bisa keliling Sumbar gratis!

  18. Ya Allah salah, yang tepat Sarang Balam.. Hehehe..balam itu sejenis burung merpati

  19. Sudah ada yang jawab belum ya, kalau makanan kriuk2 warna kuning itu namanya Sarang Burung?

  20. lompong sagu (udah mulai langka sih mbak), bika si mariana, sate mak syukur (pilih yang di pasar padang panjang-nya), pisang kapik, paragede jaguang (perkedel jagung), dadiah (dari susu kambing), lontong kapau dan nasi kapau dan lain lain ๐Ÿ˜€ jadi pengen pulaang

    • wah lompong sagu tuh yg terdengar baru buat aku. mauuuu….

      • Lompong sagu itu dari adonan tepung sagu,pisang dan gula merah dan ditengahnya diisi dengan luo aka kinca dan dibungkus dengan daun pisang berbentuk lonjong. Cara masaknya dibakar diatas bara api, …. aku tulis disini mbak bit.ly/LSqGA0 …

        yang jualnya udah jarang, jd suka minta di bikinin aja klo mudik ๐Ÿ™‚

  21. Sepertinya masakan padang memang paling cocok dengan lidah orang indonesia ya, dimana2 ada nasi padang, sate padang, dan padang2 yg lain, dan rata2 laris. Tambo ciek!

  22. Kalau ditempat sy di pariaman, keripik singkong kuning itu namanya “ramuak” bentuknya ada yg bulat seperti bola..

  23. Kelok 9nya keren bingiiit, Mbak. Dari semua kuliner di atas sy paling ngiler sama jagung bakar. Ya ampyuuun… jagung bakar jg di mana2 ada ya. Tapi sambil menatap kelok 9 jadi luar biasa ya ๐Ÿ™‚

  24. Jadi ngiler bacanya siang2 gini.

  25. Ngileeeeeeeerrrrrrrrr….

  26. Soal duren, berarti saya saingannya kang ucup nihh

  27. Jadi lapeer ngeliatnya ๐Ÿ˜€

  28. ondeh, taragak wak pulang kampuang ๐Ÿ˜€

  29. jadi ngiler dureeenn >,<
    makanan misteriusnya ga pernah liat kak disini, tapi mirip sm yg namanya kremesan deh.. bulet gitu dan banyak serat2nya garing2, rasanya manis.. tapi seratnya haluss ga selebar yg difoto diatas hihi

  30. kelok sembilan is amazing , Kayak di film-film luar negeri ….. ๐Ÿ˜€

  31. Alamak… makan siang liat foto-foto begini langsung pingin punya pintu doraemon dan mencicipi semuanya…. Ngiler to the maks….

  32. waktu dulu jalan kesini tidak tahu ada temapt makanan sekece ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s