BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Kelas Inspirasi: Menjadi Guru SD Sehari

27 Komentar

Pernahkah teman-teman merasakan susah dan senangnya menjadi guru SD? Saya baru saja merasakannya melalui Kelas Inspirasi dan ternyata peristiwa ini jadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Apa sih Kelas Inspirasi? Singkatnya, Kelas Inspirasi atau KI adalah gerakan sosial dimana para profesional (alias kaum pekerja) cuti sehari dari pekerjaan mereka dan di hari itu mengajar SD, menceritakan profesi mereka. Kedengarannya sederhana ya? Tapi tunggu dulu…. Simak cerita saya selengkapnya.
SDN RBU 11 pagi siswa pramuka

Tanggal 20 Februari lalu adalah hari dimana Kelas Inspirasi ke-2 digelar (gerakan ini sudah dimulai tahun 2012). Sekitar 600 orang profesional dari macam-macam latar belakang pekerjaan menyebar ke berbagai SD di Jabodetabek untuk berbagi inspirasi, membuka wawasan para siswa akan beragam jalan hidup yang dapat mereka tempuh kelak. Dalam briefing awal tanggal 9 Februari kami dibagi ke dalam 50 lebih kelompok. Saya masuk di kelompok 37 mendapat tempat mengajar di SDN Rawa Badak Utara 11 Pagi di dekat depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Ternyata semua anggota kelompok kami tidak ada yang tahu dimanakah persisnya lokasi SDN Rawa Badak Utara ini. Untung kami punya fasilitator yang baik hati dan sangat membantu, bernama Wintang, seorang relawan yang tergabung dalam Pengajar Muda angkatan ke-2. Berbekal pentunjuk dari Wintang, kami ber-10 pun berangkat survey ke SD ini hari Sabtu, 17 Februari.

Sehari sebelum survey, kami mendengar kabar ada kelompok lain di SDN Rawa Badak sebelah yang tidak diterima oleh Kepseknya karena suatu sebab. Waduh… kami sempat cemas memikirkan bagaimana sambutan kepsek di SD kami nanti? Rupanya semesta mendengar doa kami. Saat survey dan memperkenalkan diri, kami diterima dengan baik oleh Kepsek dan guru-guru SDN RBU 11 itu.

Kami dengan semangat mempersiapkan alat bantu mengajar. Sesulit apakah menjelaskan profesi ‘Penulis Skenario’ pada anak-anak SD ini? Sebagai gambaran, mereka ini kalau ditanya “Cita-cita kalian mau jadi apa?” jawabannya paling mau jadi dokter, tentara, guru atau pilot. Saat ditanya apakah mereka sudah pernah melihat pilot beneran? Jawabannya ‘belum pernah’. Maka kami semua bertekad memperkenalkan aneka profesi kami yang belum masuk dalam daftar pilihan cita-cita anak SD ini.

kelas inspirasi survey1

Tibalah hari Rabu 20 Februari, saat kami datang ke SDN Rawa Badak Utara 11 untuk berbagi inspirasi. Meskipun profesi ini adalah sesuatu yang kami geluti setiap hari, tapi ternyata tidak mudah untuk menjelaskannya pada adik-adik kelas I SD. Namun melihat binar di mata mereka, menumbuhkan semangat kami untuk terus berbagi dan melakukannya sepenuh hati.

Proses mengajar berjalan lancar. Kepala sekolah serta para guru menyambut kami dengan antusias dan sangat kooperatif. Kami membentuk tim masing-masing 2 orang, masuk ke kelas I hingga kelas VI bergiliran untuk mengajar. Saya satu kelompok dengan Marlin, seorang produser dan penulis komik serta film animasi. Masih nyambung kan profesi kami berdua? Saya membawa contoh skenario dan poster film untuk memperkenalkan profesi saya, Marlin membawa film animasi pendek dengan karakter superhero Indonesia asli bernama Si Hebring. Keren deh film ini!

kelas inspirasi ngajar 1
kelas inspirasi aie rani
kelas inspirasi bw bintang

“Kehadiran tim Kelas Inspirasi ini menarik dan penting bagi anak didik kami, karena mereka berkesempatan mendengar penuturan langsung dari para pelaku profesi,” ujar Bapak Mulyanto, salah seorang guru SDN RBU 11 Pagi. Menurut Pak Mul yang akrab disapa Koko Lee ini, anak-anak SD tempat dia mengajar sebenarnya banyak yang berpotensi besar tapi kadang para orang tua yang sibuk mencari nafkah jadi tidak tergerak untuk memperluas wawasan dan pilihan anak-anak mereka. Kegembiraan Pak Mul, para guru dan murid ini makin terpancar ketika hendak melepas kami dengan drumband dan…. tari India! Dua murid perempuan dengan penuh percaya diri joget India di depan satu sekolahan. Seru banget!

Di akhir kelas, kami meminta adik-adik menuliskan cita-cita mereka di atas secarik kertas berbentuk bintang dan menggantungkan bintang-bintang itu di dream board yang kami siapkan. Semoga kelak, mereka menjadi bintang-bintang yang bersinar dan menerangi sekelilingnya di bidang apapun yang mereka tekuni. Kami semua di kelompok 37 sangat menikmati pengalaman ini. Saya pribadi dengan senang hati bersedia mengulangi kegiatan ini di SD lain bila perlu.
Salam inspirasi!

kelas inspirasi murid2

kelas inspirasi dpn SD

Photographs by Anggie Cyndia.
Post Script: Wintang, Johan, Shinta, Marlin, Day, Tia, Aie, Rani, Marina, Nurul, Anggie, it was great meeting you and sharing this beautiful moment with you guys! So, let’s do it again. Gili isle of Bawean shall be our next destination! 🙂

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

27 thoughts on “Kelas Inspirasi: Menjadi Guru SD Sehari

  1. Ping-balik: Festival Danau Sentani Dan Hujan Bulan Juni | About life on and off screen

  2. Ahhh keren mbaaa.. Aku masih deg-degan menjelang hari inspirasi, masih mikirin cara mengajar yang menarik untuk memperkenalkan profesiku huehehe.. Thanks for sharing, mbak Tikaa 🙂

  3. Ping-balik: Kelas Inspirasi Tangerang Selatan 2013 `Bangun Mimpi Anak Indonesia` - CoretanAdiitoo

  4. Waaahh.. kalau PNs juga masuk inspirasi juga gak yak.. kan belum banyak yg tahu tuh kerja pns administratif apaan aja.. hihihi

  5. Waow keren, manteb kali kalo relawan di Jakarta….
    Sakses dong kak….

  6. wow.. keren nih, makin banyak yang “ngajar” makin banyak ni anak2 yang paham profesi baru yang belum dikenal mereka. etapi profesiku apa ya? 😦

  7. Reblogged this on Feel.Taste.Style and commented:
    Hal besar dimulai dari yang kecil…mari berbagi …
    http://kelasinspirasi.org/

  8. Kelas Inspirasi ini program yang bagus. Setidaknya mengenalkan ke anak-anak jaman sekarang, bahwa profesi itu amat sangat beragam, dan segala jalan itu ada.

  9. Ahh, kok aku berlinang..
    Kalian hebat! 🙂

  10. Mampiiir 🙂 Saya juga ikutan KI-2 Feb.2013 kemarin. Memang seru ya! Kita beruntung terpilih menjadi relawan yang bisa berkesempatan memperkenalkan profesi kita, tapi lebih dari itu, berinteraksi dengan anak-anak memang selalu menyenangkan!

  11. Sumpah ini kegiatan keren banget. Simpel tapi sangat bermanfaat. Emang bener banget mba, kalo pas SD kita sama sekali gak tau profesi yang sebenarnya itu kayak apa. Jadi kalo ditanya mau jadi apa, yah asal njeblak ajah. Inget banget dulu saya pengen jadi pramugari. Padahal gak tau kalo kriteria jadi pramugari ternyata ribet…hehe.

    Dengan adanya kegiatan ini, mereka jadi tau kehidupan ‘kerja’ itu kayak apa. Ahhh andai kegiatan kayak gini udah ada waktu saya SD dulu..hehehe ngarep.

    Semoga bisa ikutan juga kegiatan serupa.
    Makasih mba tika atas inspirasinya

  12. keren sekali, Kak. Aku mau bergabung juga. Tapi aku minderan, ih.

  13. Menyenangkan ya kalo profesi kita bisa menjadi inspirasi bagi para calon pemimpin bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s