BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Sayangi Kakimu!

23 Komentar

Yuk tengok ke bawah dan lihat kaki kalian sekarang! Ya, lihatin baik-baik sepasang kakimu… pakai alas kaki apa? Sendal, sepatu, atau yang lain? Gimana rasanya memakai alas kaki yang sekarang ini, nyamankah?

Buat saya kenyamanan sepasang sepatu itu maha penting. Jangan sampai kaki lecet pas pakai sepatu baru. Niatnya mau gaya, malah sengsara. Jadi saat beli sepatu biasanya banyak yang kudu dipikirin, bahkan lebih rumit dari pada mikirin negara… *lebay

Banyak orang membeli sepatu (atau sendal) cuma karena keren, harganya cocok di kantong dan ukurannya cocok di kaki. Tapi sebenarnya banyak lho yang perlu diperhatiin… Apalagi kalau kakinya ‘agak bermasalah’ kayak saya, yang telapaknya cenderung berkeringat gitu, jadi paling males kalau pakai sepatu yang sol bagian dalamnya licin.

Nah, jadi saat membeli sepatu sebaiknya:
1. Punya uang yang cukup… *ehm
2. Ke toko sepatu lebih baik di sore hari, karena kaki kita cenderung sedikiiit lebih besar ukurannya dibandingkan di pagi hari.
3. Coba juga sepatu satu nomor diatas yang biasa kita pakai. Misalnya kalau kita biasa pakai nomor 37, maka sekalian coba nomor 38, dan rasakan benar-benar mana yang lebih nyaman dikenakan.
4. Pastikan ada ruang yang cukup diantara jari-jari kaki dengan dinding bagian dalam sepatu, yaitu sekitar 5-7 milimeter. Jadi jangan ngepas banged yaaa..
5. Saat mencoba sepatu, tentunya jangan lupa jalan kaki paling nggak 10-20 langkah untuk merasakan bagaimana berjalan dengan sepatu itu… tapi jangan sampai keluar dari toko sebelum membayar!

Nah, gimana ceritanya kalau mau beli high heels? Bukankah sebelas dari sepuluh perempuan suka pakai high heels?


I am no exception. Except that I only wear comfortable high heels. Bagi saya, high heels pun harus nyaman dipakai lari-lari kecil. Siapa tau pas pakai high heels terus terpaksa ngejar copet?

Menurut seorang podiatrist ternama, ada 3 tips sederhana memilih high heels:
1. Pilih hak sepatu yang ‘sehat’ bagi kaki
2. Apapun jenis high heels yang dipakai, pastikan ada bantalan yang cukup empuk di sol bagian dalam untuk menyangga telapak kaki bagian depan sehingga menstransfer tekanan ke bagian tengah dan tumit kaki. Dengan tekanan yang tersebar merata, maka sepatu akan lebih nyaman dipakai dan kaki tidak mudah lelah.
3. Bila perlu tambahkan bantalan ekstra untuk tujuan nomor 2 di atas.

Nah, untunglah jaman sekarang ada teknologi yang memungkinkan sepatu berhak yang juga bersol empuk, seperti wegdes Crocs favorit saya ini. Apalagi sekarang Crocs makin sering ngeluarin model keren yang ‘cewek banget’ dan warna-warni kayak permen! Sayangi kakimu dan selamat bergaya dengan sepatumu!

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

23 thoughts on “Sayangi Kakimu!

  1. untuk penggila sepatu, pilihannya ada 2 sih: gaya atau kualitas.
    apalagi kalau kualitas itu berbanding lurus dengan harga, hiks. 😥

  2. Saya malah jarang make SEPATU… seringnya NYEKER….

  3. Terkadang kita mengabaikan kesehatan dan kenyamanan kaki, padahal kerja kaki itu berat lho, menompang tubuh kita, sudah sepatutnya kita lebih memperhatikannya. Makasih infonya..

  4. Sama, kaki saya juga berkeringat. Jadi kalau siang/event banyak gerak wajib pakai sepatu, sementara kalau pakai sendal (tuk keluar malam/ke rumah temen) wajib yang alasnya rata, jadi keringet bisa keluar. Kalau pake semacam sendal gunung yang alasnya kolam, bakal langsung becek tergenang. 😐

    btw sepatu saya cuma satu tuk segala urusan, yang selalu saya pakai di Jakarta itu. kalau masih inget. Sendal jalan2 juga satu, dan sendal jepit Swallow satu. :mrgreen:

  5. kalo saya beli sepatu, faktor utama adalah: cari nomer dulu. soal gaya dan warna, itu nomer 2. secara, cari sepatu nomer 44 yang nyaman dengan harga terjangkau itu susssaaaaahhhh… 😆

  6. ah kaki ….
    kenapa sih bahasnya soal kaki mulu ….

    aku malah suka kaki kalo pas make sepatu …… 😀

  7. mbak, jd pengen tau cara merawat kaki nih yg simpel gimana *serius mode on

  8. Aku setuju tuh …. kalau beli sepatu, uang emang harus cukup, karena harga juga menentukan kualitas. Daripada kakek capek…. doughh…

  9. biar lebih sehat, pakai sendal jepit sama. terbuka. segar terasa. 😀

  10. Saya malah inginnya punya sepatu pantofel dan sepatu olahraga pesanan khusus. 😦
    Saya inginnya sepatu yang mencari saya, bukan kaki yang mencari sepatu. Jadi kaki saya diukur dengan spesifik, lalu dibuat sepatu yang teramat pas dannyaman utk kaki sata. :mrgreen:

  11. Kalau kaki saya gak bermasalah mbak.. selama alas kakinya gak terlalu aneh aja 😀

  12. “jangan lupa jalan kaki paling nggak 10-20 langkah” sampe ke luar toko nih jalannya mbak 🙂
    btw thx, nice info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s