BLOG Swastika Nohara

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

Coklat nan Lezat

10 Komentar

Siapa sih yang nggak suka coklat? Meski warnanya gelap, tapi rasanya nikmat. Bisa diolah menjadi berbagai makanan, bisa dicampur ke dalam aneka hidangan lezat. Apalagi kalau bahannya coklat Belgia yang terkenal di seantero dunia. Nah, saya heran, tanaman coklat itu asalnya dari Amerika Selatan dan pohon coklatnya pun ditanam di daerah tropis, tapi banyak orang tergila-gila pada coklat dari Belgia. Beberapa hari lalu, saya menemukan jawabannya langsung dari seorang chocolatier handal, Laurent Bernard yang datang khusus ke Jakarta untuk memperagakan cara membikin coklat nan lezat.

Bertempat di sebuah resto nyaman bernama Emilie, bersama teman-teman dari Curipandang & Ngerumpi kami dijamu makan siang ala Perancis. Appetizernya prawn salad, main coursenya grilled chicken with mashed potato dan dessertnya…. ke laut! Yup, penyelenggara kurang memperhitungkan waktu jamuan makan. Jeda antara penghidangan starter & main course telalu lama, sehingga saat dessert baru keluar di satu meja (kami duduk di beberapa meja terpisah) eh, semuanya sudah diminta naik ke lantai 2 karena demo coklatnya sudah mau mulai. Alhasil tamu-tamu di meja lain cuma bisa ngiler melihat dessert yang kayaknya ice cream dengan saus coklat dan agak malas beranjak ke lantai 2.

Untungnya di lantai 2 telah siap menyapa Laurent Bernard, sang chocolatier yang ramah dengan peralatan tempurnya. Saya baru tau kalau memasak dan membuat coklat itu rumiiiitnya setengah hidup! Suhu coklat leleh harus selalu terjaga, 28 derajat celcius. Maka Laurent selalu mencelupkan alat pengukur suhu ke dalam baskom adonan coklat lelehnya. Dan sodara-sodara…. sebaskom coklat leleh itu… yang lezat menggoda itu… seenaknya dia tuangkan di meja marmer!! Syuuuurr… coklat leleh sebaskom dituang gitu aja!!! Kan jadi pengin jilatiiiin!!! Eh, jilatin coklatnya atau Laurent-nya? Huehehehe..

Intinya membuat coklat itu rumit, njilmet, alatnya banyak dan beragam. Nggak heran coklat yang berkualitas itu harganya mahal. Pasti monsieur Laurent bayar mahal untuk sekolah bikin coklat, belum lagi harga alat-alat masaknya, belum lagi kemasannya. Beda dengan coklat bar yang diproduksi masal, misalnya coklat Ayam Jago, yang harganya bisa murah. Tapi rasanya ya gitu deh…

Dulu banget coklat hanya bisa dinikmati sebagai minuman oleh suku Maya, lalu dibawa bangsa Spanyol ke Eropa dan menjadi minuman mewah raja-raja, karena ongkos transport biji coklat & proses pembuatannya mahal luar biasa. Baru setelah tahun 1750 ketika revolusi industri lagi trendy, dibuatlah bubuk coklat serta chocolate bar secara massal dengan mesin sehingga dengan harga murah rakyat jelata bisa menikmat coklat.

Dan coklat sangat sensitif pada perubahan suhu. Jadi kalau kita meninggalkan coklat di mobil, lalu meleleh, lalu kita masukkan kulkas sampai keras lagi nanti rasanya bakal berubah. Karena sewaktu meleleh itu si coklat terurai, kandungan air dan minyak terpisah tanpa bisa menyatu lagi meski sudah didinginkan di kulkas hingga keras kembali. Yaaah…memang apa yang sudah terpisah sulit untuk disatukan kembali! (Apa siiih….)
PS: Laurent’s photo was taken by Curipandang

Penulis: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

10 thoughts on “Coklat nan Lezat

  1. asyem! bacanya siang-siang pas puasa!! 😈

  2. petani jabon makan coklat.. paling dalam bentuk kue doang,, hehe

  3. “memang apa yang sudah terpisah sulit untuk disatukan kembali!”

    daleeem… *eh, bukannya lagi bahas cokelat?* *siram bensin*

  4. Coklatnya manis, yg bikinnya ganteng. Cucok. :mrgreen:

  5. Jadi inget anime-anime, cewek2 bikin cokelatnya sendiri pas valentine…. 😳

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s